Sponsor

Pentingnya 4 Sehat 5 Sempurna

Pentingnya 4 Sehat 5 Sempurna - Teman Teman Semua pastinya sudah mengetahui apa saja itu 4 sehat 5 sempurna.

Empat Sehat Lima Sempurna terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :

1. Makanan Pokok
Makanan yang selalu kita makan setiap hari adalah makanan utama yang sangat berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari.
Jenis makanan ini mengandung zat yang bernama karbohidrat.
Contoh nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.

2. Lauk-Pauk
Lauk adalah sebagai salah satu teman dari makanan yang mengandung karbohidrat yaitu seperti contoh nasi.
Tanpa Teman bagai taman tak berbunga jadinya :)
Lauk biasanya mengandung protein yang berguna untuk mengganti sel – sel tubuh yang rusak.
Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh.
Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.

3. Sayur-Mayur atau sayur – sayuran
Sayur-sayuran juga teman makanan dari nasi yang mengandung karbohidrat. pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh dan memiliki banyak vitamin untuk tubuh.
Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.

4. Buah – buahan
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh.
Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

5. Susu
Sejak kecil kita selalu minum susu. Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna.

Kalau kita bisa mempraktekkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, yakin bisa memperoleh kondisi badan yang sehat. Tapi memang perlu diimbangkan dengan olah raga dan minum air putih yang banyak.

Pola makan yang tidak 4 sehat 5 sempurna, misalnya makan nasi dan mie. Ini adalah jenis makanan yang sama2 mengandung karbohidrat. Kalo terus2an makan makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat tanpa diimbangkan dengan vitamin, mineral dan olah raga, malah bisa menyebabkan kegemukan.

Jadi Mulai sekarang atur pola makan sobat biar badan menjadi sehat.

Referensi : http://wartawarga.gunadarma.ac.id

Subscribe to receive free email updates: